Cara-cara
Mengukur Kepuasan Kerja disertai contoh kuesionernya.
Terdapat banyak cara untuk mengukur kepuasan kerja
karyawan dalam suatu organisasi/perusahaan baik besar maupun kecil diantaranya
:
(1) Rating Scale
a. Minnesota Satisfaction
Questionare (MSQ) adalah suatu instrumen atau alat pengukur kepuasan kerja yang
dirancang demikian rupa yang di dalamnya memuat secara rinci unsur-unsur yang
terkategorikan dalam unsur kepuasan dan unsur ketidakpuasan. Skala MSQ mengukur
berbagai aspek pekerjaan yang dirasakan sangat memuaskan, tidak dapat
memutuskan, tidak memuaskan dan sangat tidak memuaska. Contoh kuesioner :
Keterangan : STP : Sangat Tidak
Puas
TP :
Tidak Puas
N
: Netral
P :Puas
SP
:Sangat Puas
b. Job descriptive index. adalah suatu instrumen pengukur kepuasan kerja yang
dikembangkan oleh Kendall, dan Hulin. Dengan instrumen ini dapat
diketahui secara luas bagaimana sikap karyawan terhadap komponen-komponen
dari pekerjaan itu. Variabel yang diukur adalah pekerjaan itu sendiri, gaji,
kesempatan promosi, supervisi dan mitra kerja.
c.
Porter Need
Satisfaction Questionare adalah suatu intrumen pengukur kepuasan kerja yang digunakan untuk
mengukur kepuasan kerja para manajer. Pertanyaan yang diajukan lebih memfokuskan
diri pada permasalahan tertentu dan tantangan yang dihadapi oleh para manajer.
(2) Critical incidents,
a. Critical Incidents dikembangakan oleh Frederick Herzberg. Dia menggunakan
teknik ini dalam penelitiannya tentang teori motivasi dua faktor. Dalam
penelitiannya tersebut dia mengajukan pertanyaan kepada para karyawan tentang
faktor-faktor apa yang saja yang membuat mereka puas dan tidak puas.
(3) Interviews
Untuk mengukur kepuasan kerja dengan menggunakan wawancara
yang dilakukan terhadap para karyawan secara individu. Dengan metode ini dapat
diketahui secara mendalam mengenai bagaimana sikap karyawan terhadap berbagai
aspek pekerjaan.
(4) Action Tendencies
Sebagai suatu kecenderungan seseorang untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Kepuasan kerja karawan dapat dilihat
berdasarkan action tendencies.
0 Komentar