Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)
Pengukuran
Kepuasan Kerja
Kepuasan kerja adalah indikator yang bersifat
kualitatif. Artinya untuk mengukur kepuasan kerja diperlukan suatu metode
pengukuran yang terstruktur dan sistematis agar data yang ditemukan dalam
subjek penelitian mampu diterjemahkan dalam suatu bahasa yang dapat
diinterpretasikan. Dengan kata lain, data tersebut sebaiknya dikuantitatifkan
agar memudahkan pembaca mengartikannya, dan selanjutnya mempermudah pula dalam
pengambilan keputusan. Untuk itu dapat digunakan sejumlah daftar
pertanyaan yang telah teruji validitas
dan reliabilitasnya.
Daftar pertanyaan yang digunakan dapat
bermacam-macam, tergantung dari aspek mana kepuasan kerja itu diteliti, namun
semuanya berkaitan dengan apa yang mereka rasakan di tempat kerja (Panggabean,
2002). Alat yang digunakan untuk mengukur
kepuasan kerja, antara lain :
1.
Minnesota
Satisfaction Questionnaire (MSQ)
Pengukuran kepuasan kerja ini
dikembangkan oleh Weiss dan England pada tahun 1967. Minnesota Satisfaction Questionare (MSQ) adalah suatu instrumen atau
alat pengukur kepuasan kerja yang dirancang sedemikian rupa yang di dalamnya
memuat secara rinci unsur-unsur yang terkategorikan dalam unsur kepuasan dan
unsur ketidakpuasan. Skala MSQ mengukur berbagai aspek pekerjaan yang dirasakan
sangat memuaskan, memuaskan, tidak dapat memutuskan, tidak memuaskan dan
sangat tidak memuaskan. Karyawan diminta memilih satu alternatif jawaban yang
sesuai dengan kondisi pekerjaannya. Skor
yang tinggi mencerminkan skor kepuasan kerja yang tinggi juga.
Alat
ukur ini merupakan skala rating untuk
menilai kepuasan kerja pada pekerja yang menunjukkan sejauh mana pekerja merasa
puas terhadap beberapa aspek pekerjaan misalnya gaji. Skor yang tinggi
mencerminkan kepuasan yang tinggi pula. Terdapat dua jenis pertanyaan, yakni the short form MSQ dan the long form MSQ.
a)
The Long Form MSQ
Metode ini berisi seratus pertanyaan yang
bertujuan untuk memperkuat pengaruh lingkungan kerja terhadap pekerja. Terdapat
lima respon yang disediakan, yakni sangat tidak puas (bobot=1), tidak puas
(bobot=2), tidak merespon (bobot=3), puas (bobot=4), dan sangat puas (bobot=5).
Pertanyaan sejumlah seratus dibagi dalam lima jenis, dimana tiap jenis terdiri
dua puluh pertanyaan. Berikut beberapa pertanyaannya.
Tabel 2.1 Pertanyaan The
Long Form MSQ
Keterangan:
1. Sangat tidak puas (bobot = 1)
2. Tidak puas (bobot = 2)
3. Tidak merespon (bobot = 3)
4. Puas (bobot = 4)
5. Sangat puas (bobot = 5)
b)
The Short Form MSQ
Short Form MSQ merupakan 20 daftar pertanyaan dari The Long Form MSQ, dan terdiri dari 3
skala, yakni kepuasan intrinsik, kepuasan ekstrinsik, dan kepuasan umum. Daftar
jenis pertanyaann The Short Form MSQ :
Tabel 2.2 Pertanyaan
The Short Form MSQ
No.
|
Pertanyaan
|
Skala
|
1
|
Ability utilization. The chance to do
something that makes use of my abilities.
|
1-5
|
2
|
Achievement.
The feeling of accompllishment I get from the job.
|
1-5
|
3
|
Activity. Being able to keep busy all the
time.
|
1-5
|
4
|
Advancement. The chances for advancement on
this job.
|
1-5
|
5
|
Authority. The chance to tell other people
what to do.
|
1-5
|
6
|
Company policies and practices. The way
company policies are put into practice.
|
1-5
|
7
|
Compensation. My pay and the amount of work
I do.
|
1-5
|
8
|
Co-workes. The way my co-workers get along
with each other.
|
1-5
|
9
|
Creativity. The chance to try my own methods
of doing the job.
|
1-5
|
10
|
Independence. The chance to work alone on
the job
|
1-5
|
11
|
Moral values. Being able to do things that
don’t go against my conscience.
|
1-5
|
12
|
Recognition. The praise I get for doing a good
job
|
1-5
|
13
|
Responsibility. the freedom to use my own
judgement.
|
1-5
|
14
|
Security. The way my job provides for steady
employment.
|
1-5
|
15
|
Social service. The chance to do things for
other people.
|
1-5
|
16
|
Social status. The chance to be “some body”
in the community.
|
1-5
|
17
|
Supervision-human relations. The way my boss
handles his men.
|
1-5
|
18
|
Supervision-technidal. The competence of my
supervisor in making decisions.
|
1-5
|
19
|
Variety. The chance to do different things
from time to time.
|
1-5
|
20
|
Working conditions. The working conditions.
|
1-5
|
Keterangan
:
1.
Sangat Tidak Puas
(bobot = 1)
2.
Tidak Puas (bobot
= 2)
3.
Tidak merespon
(bobot = 3)
4.
Puas (bobot = 4)
5.
Sangat puas
(bobot = 5)
2.
Job
Descriptive Index (JDI)
Job
descriptive Index adalah suatu instrumen pengukur
kepuasan kerja yang dikembangkan oleh Kendall dan Hulin (1969). Dengan
instrumen ini dapat diketahui secara luas bagaimana sikap karyawan
terhadap komponen-komponen dari pekerjaan itu. Variabel yang diukur adalah kepuasan terhadap pengawasan (supervisi),
kepuasan terhadap rekan kerja, kepuasan dengan pekerjaan itu sendiri, kepuasan
terhadap gaji, dan kepuasan terhadap promosi.
Cara penggunaan JDI adalah dengan memberikan
suatu set kata untuk mendeskripsikan tentang apa yang mereka rasakan tentang
beberapa aspek pekerjaan mereka. Karyawan
diminta untuk mengisi evaluasi kepuasan kerja dengan “Y” jika setuju dengan
pernyataan yang diberikan, “N” jika mereka tidak setuju atau “?” jika tidak
dapat memutuskan. Kemudian dari hasil survey
tersebut kemudian dapat diambil kesimpulan tentang status kepuasan kerja
karyawan.
Contoh JDI:
Pemberian skor untuk Job Descriptive Index
adalah sebagai berikut jika jawaban “Y”,maka nilainya 3. Jika jawaban “N”, maka
nilainya -3 dan jika memilih “?” maka nilainya 0.
3. Job Diagnostic Survey (JDS)
Job Diagnostic Survey dikembangkan oleh Hackman dan Oldman (1975).
Hackman dan Oldman. Alat ukur
ini menunjukkan kaitan kepuasan kerja dengan lima dimensi inti dari
karakteristik pekerjaan, yaitu keanekaragaman keterampilan (skill variety), identitas tugas (task identity), keberartian tugas (task significance), otonomi (autonomy), dan umpan balik (feedback). Tujuan dari JDS
diantaranya.:
a)
Untuk memberi
pengalaman pada pekerja yang baru pertama kali masuk dunia kerja.
b)
Untuk mendapat
respon umpan balik yang potensial memberi motivasi pada pekerjaan masa lalu,
sekarang dan masa depan.
c)
Untuk mengidentifikasi
dan membandingkan karakteristik kritis dalam pekerjaan.
Tabel 2.3 Job Diagnostic Survey (JDS) oleh Hackman dan Oldham (1974)
No.
|
Daftar Pertanyaan
|
Skala
|
1
|
My job provides a lot of variety
|
1-7
|
2
|
My job allows me the opportunity to complete
the work I start
|
1-7
|
3
|
My job is one that may affect a lot of other
people by how well the work is performed
|
1-7
|
4
|
My job lets me be left on my own to do my
own work
|
1-7
|
5
|
My job by itself provides feedback on how
well I am performing as I am working
|
1-7
|
6
|
While performing my job I get the
opportunity to work on many interesting projects
|
1-7
|
7
|
My job is arranged so that I have a chance
and the ability to talk with customer/clients
|
1-7
|
8
|
My job has the ability to influence
decisions that significantly affect the organization
|
1-7
|
9
|
My job provides me the opportunity of
self-directed flexibility of work hours
|
1-7
|
10
|
My job provides me with the opportunity to
both communicate with my supervisor and to receive recognition from them as
well
|
1-7
|
11
|
My job gives me the opportunity to use many
new technologies
|
1-7
|
12
|
My job arranged so that I have an
understanding of how it relates to the business mission
|
1-7
|
13
|
My job influences day-to-day company success
|
1-7
|
14
|
I am able to act independently of my
supervisor in performing my job function
|
1-7
|
15
|
I receive feedback from my co-workers about
my performance on the job
|
1-7
|
Keterangan :
1.
Strongly Disagree (bobot = 1)
2.
Disagree
(bobot = 2)
3.
Slightly Disagree (bobot = 3)
4.
Undecided (bobot
= 4)
5.
Slightly Agree (bobot = 5)
6.
Agree
(bobot = 6)
7.
Strongly Agree (bobot = 7)
4.
Brayfield
Rothe Index (BRI)
Brayfield dan Rothe (1951) mengemukakan bahwa
usaha yang sistematis untuk mengembangkan indeks kepuasan kerja telah dilakukan
oleh Hoppock pada permulaan 1930. Indeks itu terdiri atas empat pertanyaan di
mana masing-masing diminta untuk memilih 7 jawaban dengan menggunakan skala
interval dari yang paling sangat setuju (7) ke jawaban yang paling sangat tidak
setuju (1). Rentang nilai BRI adalah 18 (sangat rendah) hingga 90 (tinggi).
Tabel 2.4 Daftar
Pertanyaan BRI
No.
|
Pertanyaan
|
Skala
|
1.
|
I feel fairly satisfied with my present job
|
1-7
|
2.
|
Most days I am enthusiastic about my work
|
1-7
|
3.
|
Each day of work seems like it will never
end
|
1-7
|
4.
|
I find real enjoyment in my work
|
1-7
|
5.
|
I consider my job rather unpleasant
|
1-7
|
0 Komentar